Friday 1 April 2016

MENGAPA KITA HARUS MENGHEMAT ENERGI

Mengapa Kita Harus Menghemat Energi?....

Bumi bakal rusak parah kalau gak dijaga

Jawabannya banyak sekali, 

a. Ingat! kita harus sadar bahwa tidak semua sumber daya alam/ sumber energi bisa selalu ada atau istilahnya tidak bisa di perbaharui. Contohnya minyak bumi, gas alam, dsb. Sewaktu-waktu mereka akan habis, lalu kita mau pakai apa buat ngisi bahan bakar motor/mobil? mau pakai apa lagi buat masak?

b. Agar kenaikan harga BBM dan harga-harga bahan pokok yang merugikan kalangan bawah bisa diminimalisir, karena hal itu juga adalah akibat dari langkanya energi. 

c. Kasihan mereka yang tidak bisa memanfaatkan energi, mereka yang tidak punya rumah, tidak punya listrik, kelaparan, kekeringan, dll.


d. Agar anak cucu kita bisa merasakan hebatnya manfaat energi tentu dengan harapan semoga di masa depan energi bisa digunakan sebaik mungkin dan sehemat mungkin. Karena, tidak bisa dipungkiri bahwa manusia dimasa depan pasti akan selalu lebih cerdas dan modern.

e. Jika energi habis, sudah pasti akan berpengaruh besar terhadap kehidupan manusia, mungkin manusia akan kesusahan untuk hidup, mungkin sampai uang pun tidak akan bisa membeli itu karena saking susahnya mencari sumber energi baru.

Sebenarnya masih banyak alasan mengapa kita harus menghemat energi, tapi yang paling umum adalah hal-hal diatas.

Bagaimana Menghemat Energi?....

Cara menghemat energi nah

Nah, adapun cara untuk menghemat energi yang bisa dilakukan oleh kita di rumah, walaupun ini hal kecil menurut kita, tapi setidaknya ini sangat berpengaruh lho bagi dunia.

a. Dengan menghemat air, jangan terlalu berlebihan menggunakan air, minum banyak sudah pasti kebutuhan, tapi disamping minum, mandi, mencuci, dan kebutuhan lainnya. Jangan sekali-kali membuang-buang air, atau menggunakannya untuk hal yang tidak bermanfaat.

b. Dengan menghemat listrik: kalau tidur lampu dimatikan, kalau TV, AC, kipas, mesin cuci sudah tidak digunakan, matikan. Selain dengan tujuan menghemat energi, tagihan listrik juga jadi kecil. Teruh nih ya, pakai smartphone seperlunya saja, jangan keseringan juga, kan nanti pasti dicharge butuh energi listrik, selain hemat energi, mata juga tidak lelah, dan kita bisa lebih produktif. 

c. Dengan menghemat bahan bakar: menggunakan kendaraan seperlunya saja, jika jaraknya dekat usahakan jalan kaki atau bersepeda, selain hemat, itu juga sehat kan.


d. Dengan menghemat gas untuk memasak.

e. Dengan menggunakan alat-alat yang ramah lingkungan.

#Tambahan : Selain matikan lampu jika tidak digunakan, faktanya lampu pijar itu lebih boros energi, mending ganti sama lampu LED. Terus kalau siang di rumah kita masih gelap mending kita tata ulang ruangan kita semaksimal mungkin sampai bisa lumayan terang deh.

Kalau kita cinta bumi ini, negeri ini, mulai deh sekarang menghemat energi!

1 comment:

  1. Menurut saya Pada intinya alasan mengapa kita harus hemat energi adalah karena sumber energi terbatas dan belum di temukannya sumber energi abadi. Matahari aja yang energinya begitu besar sudah diprediksi ilmuan suatu saat nanti akan redup dan lenyap. Btw thank untuk jawabannya

    ReplyDelete

Komentar dgn baik (: